Friday 19 January 2018

Sistem operasi dan ubuntu

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Pemilihan Judul

Biasanya, istilah Sistem Operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal. Sistem  operasi adalah  perangkat  lunak  sistem  yang  bertugas  untuk  melakukan  kontrol  dan manajemen   perangkat   keras   serta   operasi-operasi   dasar   sistem,   termasuk   menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.
Secara umum, Sistem Operasi adalah perangkat lunak pada lapisan pertama yang ditempatkan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah Sistem Operasi berjalan, dan Sistem Operasi akan melakukan layanan inti umum   untuk   software-software   itu.   Layanan   inti   umum   tersebut   seperti   akses   ke   disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. Sehingga masing-masing software tidak perlu lagi melakukan tugas-tugas inti umum tersebut, karena dapat dilayani dan dilakukan oleh  Sistem  Operasi.


1.2 Rumusan Masalah

1.1.1 Pengertian Sistem Operasi?
1.1.2 Fungsi Dan Tujuan Dari Sistem Operasi ?
1.1.3 Jenis Jenis Sistem Operasi ?
1.1.4 Komponen Utama Sistem Operasi ?
1.1.5 Pengenalan Sistem Operasi Ubuntu ?
1.1.6 Cara Installasi Sistem Operasi Ubuntu?



1.3 Tujuan

Tujuan mempelajari sistem operasi adalah agar user dapat merancang sendiri dan memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan. Untuk dapat memilih sistem operasi yang sesuai, serta mampu memaksimalkan penggunaan sistem operasi, dan agar konsep serta teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasi-aplikasi lain, maka pengetahuan mengenai system operasi sangat diperlukan.






BAB I

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Sistem Operasi
seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer,dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.Sistem  operasi  adalah  jenis  yang  paling  penting  dari  perangkat lunak   sistem  dalam  sistem  komputer.  Tanpa  sistem  operasi, pengguna   tidak   dapat   menjalankan   program   aplikasi   pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri. Waktu-berbagi  jadwal  tugas  sistem  operasi  untuk  penggunaan yang  efisien  dari  sistem  dan  juga  dapat  mencakup  akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya. Untuk  fungsi-fungsi  perangkat  keras  seperti  sebagai  masukan  dan  keluaran  dan  alokasi memori,  sistem  operasi  bertindak  sebagai  perantara  antara  program  aplikasi  dan  perangkat keras  komputer,  meskipun  kode  aplikasi  biasanya  dieksekusi  langsung  oleh  perangkat  keras dan  seringkali  akan menghubungi OS  atau terputus  oleh  itu.  Sistem  operasi  yang  ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web. Contoh populer sistem operasi modern termasuk Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
2.2 Fungsi Dan Tujuan Sistem Operasi
Fungsi Sistem Operasi

Melakukan fungsi manajemen sistem berkas
Mengendalikan berbagai sumber pada sistem, seperti disk  dan printer
Mengatur sejumlah pemakai yang menggunakan sistem bersamaan
Membentuk penjadualan proses-proses didalam sistem

Tujuan Sistem Operasi

Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
Sistem Operasi yang disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/ pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah ada.

2.3 Jenis Jenis Sistem Operasi

1.         Single User – Single Tasking :
Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya: DOS (Disk Operating System).


2.         Multi User – Single Tasking :
Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program (aplikasi) di satu waktu, contohnya: Novell Netware yang menjalankan SO Network berbasis DR-DOS.

3.         Single User – Multi Tasking :
Satu komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program disatu waktu, contohnya: Windows, MacOS, BeOS, JDS, dll.

4.         Multi User – Multi Tasking :
Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya: Unix, Linux, FreeBSD (SO turunan Unix) atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.

2.4 Komponen Utama Sistem Operasi

Kernel : Suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali.Ada 4 kategori kernel : Monolitich kernel(kernel yang menyediakan abtraksi hardware yang kaya dan powerfull),Microkernel(kernel yang hanya menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi hardware sederhana,menggunakan aplikasi-aplikasi yang di sebut server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya,Hybrid(kernel yang mirip microkernel,tetapi ia juga memasukkan kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat,Exokernel(Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware,tapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke hardware secara langsung atau hampir langsung.

File : File yang di bentuk atau di jalankan oleh sistem operasi.File di sini juga termasuk berkas dan file sistem yang di miliki oleh suatu sistem operasi.

User Interface : Sebuah sistem operasi memiliki karakteristik (bentuk) yang menjadi interaksi antara user dengan komputer.Bentuk umum user adalah :
a. Command Line interface atau Command Line Interpreter (CLI)
             CLI memberikan tampilan dalam mode teks ke user,dengan background satu warna dan tampilan       teks yang juga satu atau beberapa warna dasar.



b. Graphical User Interface ( GUI )
              GUI memberikan tampilan yang lebih interaktif dan nyaman di gunakan oleh user.Resolusi gambar dan jumlah warna yang di hasilkan juga lebih banyak,bergantung pada kemampuan video adapter yang dimiliki komputer


2.5 Pengenalan Sistem Operasi Ubuntu

Ubuntu mudah digunakan dan dilengkapi dengan ribuan aplikasi gratis. Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai software bebas. nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti “Kemanusiaan kepada sesama”. Ubuntu didesain untuk kepentingan penggunaan personal, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponspori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Selain itu, Ubuntu juga bersifat Open Source.
Open source adalah Kekuatan komunitas seluruh dunia yang sangat ahli terampil yang membangun, berbagi dan meningkatkan perangkat lunak yang sangat terbaru bersama – kemudian membuatnya tersedia untuk semua orang.
Ubuntu pertama kali dirilis pada 20 Oktober 2004. Semenjak itu, Canonical telah merilis versi Ubuntu yang baru setiap 6 bulan sekali. Setiap rilis didukung selama 18 bulan untuk pembaruan sistem, keamanan, dan kesalahan (bug). Setiap 2 tahun sekali (versi xx.04 dengan x angka genap) akan mendapatkan Long Term Support(LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk edisi server. Namun Ubuntu 12.04 yang akan dirilis April 2012 akan mendapatkan pembaruan sistem selama 5 tahun. Perpanjangan dukungan ini bertujuan untuk mengakomodasi bisnis dan pengguna IT yang bekerja pada siklus panjang dan pertimbangan biaya yang mahal untuk memperbarui sistem.

Ubuntu merupakan sistem operasi komputer berbasis LINUX, Sistem operasi ini menjadi sangat populer karena banyaknya dukungan dari komunitas pecinta LINUX. Ubuntu mulai diluncurkan pada tahun 2004 dan didistribusikan keseluruh dunia.

Kelebihan Ubuntu
Open Source, sehingga pengguna dapat memodifikasi sesuai dengan keinginan
Multi bahasa, banyak bahasa yang tersedia untuk pilihan
Multi tasking dan multi USer
Banyak dukungan dari komunitas
Security yang lebih kuat dari pada Windows
Kekurangan Ubuntu
Belum ada game besar yang bisa berjalan pada Ubuntu
Tampilan grafis yang kurang menarik
Beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk Ubuntu







2.6 Cara Installasi Sistem Operasi

1. Buka aplikasi Oracle VM VirtualBox di Desktop windows sobat, dan keluar tampilan gambar seperti dibawah.Lalu Klik Baru/New


2. Isi name dengan nama Ubuntu 14.04, isi type dengan pilih Linux, dan pilih version sesuai spesifikasi PC atau Laptop sobat bisa 32bit atau 64bit, untuk contoh saya ambil 64bit karena PC saya sudah mendukung 64bit, kemudian klik NEXT untuk proses selanjutnya.



3. Menentukan besaran memori pilih NEXT saja karena virtualbox otomatis merekomendasikan besarnya memori 512MB



4. Menentukan ukuran harddisk, klik CREATE saja karena Virtualbox merekomendasikan sebesar 8 GB karena ini sebagai latihan tidak usah besar-besar


5. Pada langkah ini klik NEXT saja tidak usah dirubah setingannya




6. Langsung klik NEXT saja untuk proses selanjutnya


7. OK sampai disini klik CREATE




8. Arahkan DVD mengarah ke DVD ROM atau file ISO Ubuntu yang ada di Harddisk dengan klik Settting gambar roda warna kuning – Klik Storage – Klik Controler: IDE Empty – Attributes browse DVD atau file ISO Ubuntunya – klik OK – klik Start gambar panah hijau

9. Tara! DVD Ubuntu atau File ISO Ubuntu sudah berjalan tinggal ikuti langkah instalasinya, langsung saja klik Install Ubuntu, kalau pilih Try UBuntu sama dengan live CD


10. Beri tanda centang untuk Install this third-party software untuk codec audio mp3, mpeg dll kemudian klik Continue dan pastikan terkoneksi internet untuk install paket codecnya



11. Pilih pulau jawa dan akan muncul Jakarta kemudian klik Continue



12. Klik Continue lagi

13. Masukan nama, nama komputer, username, password harus kuat, contoh: Ubuntu14OK, kemudian klik Continue



14. OK sekarang menunggu proses instalasi, 10 atau 10 menitan agar proses install selesai

15. Instalasi sudah selesai sekarang langsung klik tombol restart



16. Tampilan login screen untuk masuk ke Ubuntu Desktop 14.04 – login dan masukan password yang sudah dibuat pada saat instalasi

17. Akhirnya Ubuntu Desktop 14.04 LTS sudah terinstall baik di Virtualbox


No comments: