Friday 19 January 2018

Gabungan sistem operasi dan deeb web

KATA PENGANTAR

Syukur alhamdulilah kami ucapkankan kehadirat allah swt yang telah melimpahkan karunia, rahmat, dan hidayahnya, sehingga pemakalah dapat menyusun makalah mata kuliah Pengantar Sistem Operasi.

Materi-materi yang disajikan dalam makalah ini disusun secara praktis dan sistematis agar mudah untuk dipelajari oleh mahasiswa. Setelah pembaca menikmati sajian dalam makalah ini menemukan hal yang kurang sempurna dan kurang berkenan di hati dengan berlapang dada pemakalah menerima segala tegur dan sapa yang diharapkan bersifat membangun, dan kami mengharapkan saran yang bersifat konstruktif, demi kesempurnaan makalah ini. Semoga makalah dari pemakalah ini membawa manfaat yang positif  bagi seluruh pembaca terutama semua mahasiswa yang sedang mempelajari/mendalami bidang ini. Untuk itu pemakalah sampaikan ucapan terima kasih semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pembaca. Amin.


Padang,     januari 2018


Pemakalah












DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL i
KATA PENGANTAR ii
DAFTAR ISI iii

BAB I PENDAHULUAN 1
1.1 Latar belakang 1
1.2 Rumusan masalah 1
1.3 Tujuan 1

BAB II PEMBAHASAN 2
2.1 Sejarah system operasi 2
2.2 Pengertian system operasi 3
2.3 Fungsi-fungsi system operssi 4
2.4 Jenis-jenis system operasi 5
2.5 komponen-komponen system operasi 6
BAB III PEMBAHASAN 7
3.1 Sejarah Deeb Web 7
3.2 Pengertian Deeb Web 8
3.3 Keuntungan Deeb Web 10
3.4 Bahaya Deeb Web 11

BAB IV PENUTUP 12
4.1 Kesimpulan 12
a.Sistem Operasi 12
b.Deeb Web 12
Daftar Pustaka 13
                   

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar belakang
Di zaman era globalisasi sekarang semua kegiatan sudah memasuki bidang komputerisasi, dan komputerisasi itu memiliki system penggerak yang bermacam – macam yang disebut dengan system operasi computer. Sebagai pengguna computer kita harus mengutahui beberapa system opersi.

1.2 RUMUSAN MASALAH.
             1 .         Sejarah system operasi
2. Pengertian system operasi
3. Fungsi-fungsi system operssi
4. Jenis-jenis system operasi
 5. komponen-komponen system operasi
 6. Sejarah deep web
 7. Pengertian deeb web
 8 .       Keuntungan deeb web
 9. Bahaya deeb web


1.3 TUJUAN.
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas  Mata Kuliah pengantar sistim operasi Komputer. Selain itu, agar kita dapat mengetahui lebih detail apa yang dimaksud dengan sistem operasi komputer dan jenis-jenisnya.











BAB II

PEMBAHASAN




2.1 Sejarah dari sistem operasi

Sejarah system operasi :
Menurut Tanenbaum, ada empat generasi sistem komputer.

1. Generasi pertama (1945-1955)
Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai penggannti sistem komputasi mekanik. Pada generasi belum ada sistem operasi.
2. Generasi kedua(1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan bacth processing system, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berurutan.
3. Generasi ketiga(1965-1980)
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus.
4. Generasi keempat(pasca1980-an)
Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan graphical user interface(GUI) yaitu antar muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman.
5. Generasi kelima (1990-sekarang)
VLSI, ULSI an teknologi Nano Second, Internet, Multimedia
         a.Pengembangan VLSI an ULSI melahirkan PC yang berbasis Pentium untuk server            
          b.Pengembangan sistem operasi windows - Pengembangan internet dan multimedia
          c.Pengembangan aplikasi yang berbasis Web atau WWW.
2.2 Pengertian Sistem Operasi
  Sistem operasi secara umum adalah pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer yang menyediakana sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahka dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Sistem operasi komputer adalah perangkat lunak komputer atau software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi – operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program – programm pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. Sistem operas dalam bahasa inggris disebut operating system, atau biasa disingkat dengan OS.
seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer,dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.Sistem  operasi  adalah  jenis  yang  paling  penting  dari  perangkat lunak   sistem  dalam  sistem  komputer.  Tanpa  sistem  operasi, pengguna   tidak   dapat   menjalankan   program   aplikasi   pada komputer mereka, kecuali program aplikasi boot diri. Waktu-berbagi  jadwal  tugas  sistem  operasi  untuk  penggunaan yang  efisien  dari  sistem  dan  juga  dapat  mencakup  akuntansi untuk alokasi biaya waktu prosesor, penyimpanan massa, cetak, dan sumber daya lainnya. Untuk  fungsi-fungsi  perangkat  keras  seperti  sebagai  masukan  dan  keluaran  dan  alokasi memori,  sistem  operasi  bertindak  sebagai  perantara  antara  program  aplikasi  dan  perangkat keras  komputer,  meskipun  kode  aplikasi  biasanya  dieksekusi  langsung  oleh  perangkat  keras dan  seringkali  akan menghubungi OS  atau terputus  oleh  itu.  Sistem  operasi  yang  ditemukan pada hampir semua perangkat yang berisi komputer-dari ponsel dan konsol permainan video untuk superkomputer dan server web. Contoh populer sistem operasi modern termasuk Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.
2.3 Fungsi Dan Tujuan Sistem Operasi
Fungsi Sistem Operasi

Melakukan fungsi manajemen sistem berkas
Mengendalikan berbagai sumber pada sistem, seperti disk  dan printer
Mengatur sejumlah pemakai yang menggunakan sistem bersamaan
Membentuk penjadualan proses-proses didalam sistem

Tujuan Sistem Operasi

Sistem Operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik serta nyaman untuk digunakan.
Sistem Operasi memungkinkan sumberdaya komputer digunakan secara efisien.
Sistem Operasi yang disusun/ diprogram sedemikian rupa memungkinkan menerima perubahan/ pengembangan baru yang efektif dan efisien, dapat melakukan pengujian sistem tanpa mengganggu layanan yang telah.

          Tujuan mempelajari sistem operasi agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita, agar dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan agar konsep dan teknik sistem operasi dapat diterapkan pada aplikasiaplikasi lain.

Agar dapat merancang sendiri atau memodifikasih SO yang telah ada sesuai kebutuhan khusus kita.
Agar dapat menilai SO dan alternatif dan memilih SO sesuai sesui tujuan pembangunan sistem.
Pemakai harus berinteraksi dengan SO untuk menyelesaikan tugasnya karena SO merupakan antarmuka utama dalam berhubungan dengan sistem komputer.
Banyak konsep dan teknik pada SO yang dapat di terapkan pada pengembangan aplikasi-aplikasih lain.
2.4 Jenis Jenis Sistem Operasi
               
                 Ada jenis sistem operasi yaitu Open Source dan Closed Source :
Sistem Operasi Open SourceOpen Source adalah perangkat lunak yang kode programnya terbuka dan disediakan oleh pengembangnya yang bertujuan agar dapat dipelajari, diubah kemudian dikembangkan lebih lanjut, namun tidak semua sistem operasi open source gratis. Ada berbagai macam sistem operasi open source antara lain, LINUX, Open BSD, Android, dan lain-lain.

1. Single User – Single Tasking : Satu komputer hanya bisa digunakan oleh satu user dan hanya bisa menjalankan satu program di satu waktu, contohnya: DOS (Disk Operating System).
2. Multi User – Single Tasking :Satu komputer dapat digunakan oleh banyak user namun tiap user hanya bisa menjalankan 1 program (aplikasi) di satu waktu, contohnya: Novell Netware yang menjalankan SO Network berbasis DR-DOS.
3. Single User – Multi Tasking :Satu komputer dipakai oleh satu user dan dapat menjalankan banyak program disatu waktu, contohnya: Windows, MacOS, BeOS, JDS.
4. Multi User – Multi Tasking :Satu komputer dipakai bersamaan oleh banyak user yang dapat menjalankan banyak program di satu waktu, contohnya: Unix, Linux, FreeBSD (SO turunan Unix) atau Windows dengan aplikasi Citrix Metaframe, dll.
5. DOS ( Disk Operating sytem )Merupakan salah satu shoftware yang termasuk dalam golongan system operasi yang dipakai pada media penyimpanan Disk maupun hardisk.
6. Windows :Sistem operasi windows dioerkenalkan petama kali pada 1985. Semula sistem operasi windows ini ini diperkenalkan dengan nama interface manager.
7. Macintohs :Dikembangkan oleh apple Inc menggunakan prosesor dari motorola.Generasi pertama apple LISA merupakan komputer pertama yang menggunakan GUI ( Grafical User Interface )Bermula dari penggunaan DOS pada IBM komputer. Digunakan sebagai sistem operasi pada mesin komputer buatan IBM berjenis PC-AT IBM (1984) berbasis prosesor intel 80286.
8. UNIX :Merupakan nama sistem operasi yang diterapkan pada berbagai jenis mesin. Diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Labolatory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.
Palm OS :Dikenal sebagai garnet OS.Embedded OS  yang kembangkan oleh Palm Inc. Untuk sistem operasi perangkat PDA  pada 1996. Memiliki aplikasi standar disebut PIM.
2.5 Komponen Utama Sistem Operasi

Kernel : Suatu software (kumpulan program) yang membentuk sistem dan memiliki tugas melayani bermacam program aplikasi untuk mengakses hardware komputer secara aman dan terkendali.Ada 4 kategori kernel : Monolitich kernel(kernel yang menyediakan abtraksi hardware yang kaya dan powerfull),Microkernel(kernel yang hanya menyediakan hanya sekumpulan kecil abstraksi hardware sederhana,menggunakan aplikasi-aplikasi yang di sebut server untuk menyediakan fungsi-fungsi lainnya,Hybrid(kernel yang mirip microkernel,tetapi ia juga memasukkan kode tambahan di kernel agar ia menjadi lebih cepat,Exokernel(Kernel yang tidak menyediakan sama sekali abstraksi hardware,tapi ia menyediakan sekumpulan library yang menyediakan fungsi-fungsi akses ke hardware secara langsung atau hampir langsung.

File : File yang di bentuk atau di jalankan oleh sistem operasi.File di sini juga termasuk berkas dan file sistem yang di miliki oleh suatu sistem operasi.
User Interface : Sebuah sistem operasi memiliki karakteristik (bentuk) yang menjadi interaksi antara user dengan komputer..

Komponen lainnya yaitu:
Manajemen proses ; Sebuah programyang sedang dieksekusi. Hubungan antara program dan proses dapat dianalogikan. Program berisi intruksi yang harus dilakukan. Sementara proses adalah tindakan untuk melakukan intruksi dengan menggunakan variabel yang ditentukan Dan mengambil data dari lokasi yang sudah ditentukan
Manajemen memori adalah;  sebuah array yang berisi unit unit penyimpanan yang dapat menyimpan  data berukuran byte atau word.
Manajemen ruang;  penyimpanan sekunder (tingat rendah dan tinggi) Memory bersifat volatile dan memiliki ukuran  yang terlalu kecil untuk menampung seluruh data dan program secera permanen, maka diperlukan media lain untuk menyimpan  data dan program  secara permanen dengan kapasitas yang bersar
Manajemen sistim I/O;  Sistim operasi menyembunyikan fakta bahwa setiap perangkat keras memiliki cara operasi yang berbeda beda. Umumnya abstraksi untuk alat I/O diberikan melalui interface device driver dan mekanisme standar  untuk proses buffer, chaching dan spooling data.
Proteksi sumber daya computer ; Pada sistim multiuser atau multitasking, dimana banyak proses dang dieksekusi secara bersamaan, sangat penting bahwa proses-proses tersebut diproteksi satu sama lain.
Interpretasi rendah (commmand interpretation) ; Shell pada UNIX (dan beberapa sistim lain), menyediakan sebuah interface interaktif antara pemakai dan sistim operasi.berbagai perintah disediakan pada comment interpreter sehingga pemakai dapat mengontrol fungsi sistim operasi dengan perintah perintah tersebut.        















BAB III
PEMBAHASAN


3.1 Sejarah dari deep web
Deep Web sering kita dengar dengan istilah nama Deepnet, Darknet, Invisible Web, Undernet
atau Hidden web. Menurut Mike Bergman sang pendiri BrightPlanet mengatakan bahwa pada mesin pencari di internet dapat dibandingkan dengan istilah menjaring ikan, jika mendapatkan ikan yang banyak yang berada didalam jaring ketika hanya dipermukaan laut saja tentu apabila akan      mendapatkan ikan lebih banyak lagi jika melakukan penjaringan di kedalaman laut. Mesin pencari web dengan menggunakan indeks pada web bisa mengambil informasi World Wide Web melalui internet akan tetapi tidak termasuk Deep Web. Dikarenakan mesin pencari web tidak dapat mendeteksi maupun mengambil data di dalam Deep Web.

Deep Web(juga dikenal dengan nama Deepnet Darknet Invisible Web Undernet atau Hidden Web) di Indonesia dapat disebut sebagai Web Dalam. Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan meng unakan mesin pencari web yang menggunakan indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda deng an Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Dark net yang merupakan jaringan untuk menukarkan data, yang dapat digolongkansebagai bagian kecil dari Deep Web.Mike Bergman, pendiri BrightPlanet yang memberikan istilah tersebut, menyatakan bahwa mencari di Internet pada saat ini dapat dibandingkan dengan menjaring ikan dipemukaan laut yang akan mendapatkan banyak ikan yang tertangkap di jaring, tetapi informasi yang sangat dalam tidak akan tertangkap.Kebanyakan dari informasi yang terdapat di jaringan Internet, terkubur sangat dalam situs yang dinamis, dan mesin pencari web yang standar tidak dapat menemukannya. Mesin pencari web yang tradisional tidak dapat "mendeteksi" atau mengambil data di dalam Deep Web. Halaman-halaman tersebut dianggap tidak ada hingga mereka tercipta secara dinamis sebagai hasil dari pencarian secara spesifik. Sejak tahun 2001, Deep Web telah dinyatakan memiliki ukuran yang lebih besar dari Web biasa.
3.2. pengertian Deep web
            Pengertian Deep Web sebenarnya Di dalam Deep Web memang ada beberapa situs pornografi, jual beli narkotika, situs kekerasan,peretasan. Hampir semuanya dari situs Deep web yang kita kenal berdomain dot onion.Namun sebenarnya situs berdomain dot onion tersebut bukan Deep Web secara keseluruhan Dot Onion cuma sebagian kecil dari Deep Web yang bisa kita sebut Dark Web atau sisi gelapnya internet.Situs berdomain Onion terhubung ke internet melalui jaringan tOR atau Jaringan Bawang. Untuk mengaksesnya memerlukan tool khusus sehingga bisa digolongkan sebagai Deep Web. Janga kaget, Jumlahnya hanya 0,3 % dari total keseluruhan web. Sangat sangat kecil.Deep web adalah seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, yaitu kumpulan situs yang tidak terindex oleh mesin pencari umum.Artinya private message facebook anda pun adalah bagian dari DeepWeb karena tidak terindex oleh mesin pencari.Jika saya membuat sebuah situs yang hanya bisa di akses oleh jaringan kantor saja maka situstersebut juga bisa di golongkan sebagai Deep web karena untuk dapat mengaksesnya anda harus masuk ke jaringan lokal terlebih dahulu.
 
             Oleh karena itu lah besaran kapasitas Deepweb dikatakan sangat besar oleh para ahli. Meskipun sangat besar Deep Web tidak bisa dikatakan sebagai Internet yang Sebenarnya karena kebanyakan isinya adalah penunjang Web bagian atas.Jika di ibaratkan internet bagian atas adalah wajah dan halaman toko yang bisa anda lihat Jika di ibaratkan internet bagian atas adalah wajah dan halaman toko yang bisa anda lihat sedangkan gudang gudang privasi di belakangnya termasuk Deep Web Sebagian lainnya lagi merupakan toko toko gelap yang tidak memiliki halaman depan yang bisa dikategorikan sebagai Dark Web.Uniknya ramai ramai digambarkan bahwa seluruhnya dari Deep Web itu tadi bisa dijumpai dalam situs berdomain onioni Deep Web.eep web.
 Deep Web merupakan bagian dari World Wide Web tetapi tidak termasuk ke dalam internet yang dapat dicari dengan mudah, yaitu dengan menggunakan mesin pencari web yang menggunakan
indeks mesin pencari web. Deep Web berbeda dengan Dark Internet, dimana komputer tidak dapat lagi dijangkau melalui Internet, atau dengan Darknet yang merupakan jaringan untuk menukarkan
data, yang dapat digolongkan sebagaibagian kecil dari Deep Web.

Di deep web, disana kita akan menemukan berbagai konten internet beredar secara bebas tanpa filter! perdagangan narkoba,psikopat,teroris,kartukreditcurian (carding), human trafficking,pornografi ilegal, jasa-jasa ilegal (jasa pembunuhan, kartu identitas palsu), dan hal-hal ilegal lainnyadapat kita temukan disana secara bebas.Selain itu, di dalam Deep Web kita juga dapat menemukan konten-konten mengerikan tanpa sensor seperti eksperimen terhadap manusia, situs penyiksaan secara live, dan hal-hal mengerikanlainnya.Dikatakan juga bahwa Deep Web juga menjadi surga bagi para pelaku pedofilia, karena disana mereka dapat melakukan apapun yang mereka inginkan. Deep Web juga merupakan tempat yang sangat berbahaya untuk dikunjungi, karena disana banyak sekali hacker berkeliaran. Selain itu,disanalah tempat dimana virus-virus komputer dibuat.Disana kita juga dapat menemukan tutorial-tutorial aneh seperti cara membuat bom, cara membunuh tanpa ketahuan, cara menculik dan lain sebagainya.Untuk itu, jika Anda ingin mengakses Deep Web maka Anda harus berhati-hati.Bagaimana cara mengakses deep web?Salah satu browser yang dapat mengakses website yang ada di sisi gelap internet tersebut adalahTor BrowserTOR adalah kepanjangan dari The Onion Router, TOR adalah sebuah browser seperti Google Chrome dan Firefox, namun ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dua browser tersebut.TOR bisa disebut software seperti VPN yang memungkinkan kita mengakses internet secaraanonim. Dikarenakan di dalam deep web banyak sekali hacker yang dapat mengancam keamanan berinternet, maka TOR dapat melindungi Anda dari hal tersebut.Saat Anda menjalankan TOR koneksi asli pengguna akan dialihkan ke jaringan milik TOR. Jaringan tersebut telah dienkripsi agar tidak dapat terdeteksi oleh pihak manapun baik dari ISP maupunsitus yang dikunjungi.
disanalah tempat dimana virus-virus komputer dibuat.Disana kita juga dapat menemukan tuorial-tutorial aneh seperti cara membuat bom, caramembunuh tanpa ketahuan, cara menculik dan lain sebagainya Untuk itu, jika Anda ingin mengakses Deep Web maka Anda harus berhati-hati.Bagaimana cara mengakses deep web? Salah satu browser yang dapat mengakses website yang ada di sisi gelap internet tersebut adalah Tor Browser.OR adalah kepanjangan dari The Onion Router, TOR adalah sebuah browser seperti Google Chrome dan Firefox, namun ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingkan dua browsertersebut.TOR bisa disebut software seperti VPN yang memungkinkan kita mengakses internet secara anonim. Dikarenakan di dalam deep web banyak sekali hacker yang dapat mengancam keamananberinternet, maka TOR dapat melindungi Anda dari hal tersebut.Saat Anda menjalankan TOR koneksi asli pengguna akan dialihkan ke jaringan milik TOR. Jaringan tersebut telah dienkripsi agar tidak dapat terdeteksi oleh pihak manapun baik dari ISP maupunsitus yang dikunjun
3.3. Keuntungan Tersembunyi Deep Web.
             a. Banyak Informasi Untuk Kepolisian
 identiknya deep web berisi berbagai bentuk kejahatan serta kriminal. namun bagi para pihak kepolisian deep web di jadikan salahsatu pintu pengakses segala tindakan kriminal dan untuk melacak pelaku-pelaku tersebut, karna banyak sekali kejahatan-ejahatan yang dilakukan di dalamdeep web. akan tetapi tidak semua kepolisian mampu masuk dan melacak pelaku kejahatan-kejahatan tersebut, karna yang mampu masuk ke dalam deep web hanya orang yang mempunyaiilmu internet yang sangat tinggi.
             b.Menggagalkan Kejahatan
 seperti halnya dengan google, deep web pun adalah alat transparan ketika menediakan konten-kontenya maka akan sangat mudah ketika mampu masuk ke dalam deep web. untuk melacak danmengetahui informasi penjahat hingga pelaku teroris yang melakukan pertukaran informasi. makapolisi bisa mencegah terjadinya niat kejahatanya tersebut. memang tidak ada bukti nyata mengenai hal ini karna adalah suatu kebodohan jika sampai seseorang menampilkan data-data yang di dapatkanya dari deep web ke muka umum. namun jika polisi bisa memasuki deep web danmempelajari isi di dalamnya darisitu polisi atau pihak terkait bisa melakukan aksi pengagalanalhasil aksi terorisme atau tindakan kejahatan lainya dengan mudah bisa di gagalkan.
            c.MencariBarang Langka
 jual beli adalah hal yang paling umum di deep web terdapat banyak sekali barang-barang langka yang di jual di dalam deep web karna kerahasiaan data-data dan informasi pembeli dan juga penjual yang membuat banyak sekali barang-barang langka sehingga mereka menganggapmenjual barang langka akan sangat aman bila du jual di deep web. meskipun barang-barang yandi jual kebanyakan darang ilegal mulai dari obat-obatan terlarang sampai senjata senjata yang sudah jelas hal ini di identikan dengan kriminal. tapi jika kita bisa memandang dari sisi yang lainhal tersebut bisa memberikan manfaat tersendiri.
          d. Membaca Buku Rahasia
 banyak sekali yang menyediakan buku-buku rahasia di dalam deep web. mulai dari yang gratis sampai yang berbayar. buku-buku rahasia ini merupakan buku yang jarang sekali di perjual belikandi dunia nyata. karna buku-buku tersebut yang tidak boleh di perjual belikan di dunia nyata

dalamartian seperti buku terlarang. bagi para penghobi buku ini ibarat menemukan harta karun yang takternilai. memang aslinya adalah ilegal namun tetap saja hal tersebut memberikan manfaat yang besar. meskipun berbayar kita dapat membelina dengan uang dunia maya. atau yang biasadisebut dengan bitcoin


            e. Tempat Curhat Yang Aman
 berbeda dengan facebook ataupun media sosial lainya. di deep web kita bisa bebasmengeluarkan kejengkelan-kejengkelan yang ada di dalam pikiran kita. bahkan tidak jarang para pengguna deep web yang menghina kepala negara mereka karna di dalam deep web seluruhnya bersifat anonim. jika hal ini di lakukan di media sosial seperti facebook atau  media sosial lainya maka akan dengan mudah di lacak dan di tangkap. hal ini tidak berlaku di dalam deep web disinilah kita bisa menjelaskan apapun dengan sejelas jelasnya dan sejujur jujurnya. intinya kebebasan yanglebih real justru bisa di dapatkan di deep web walaupun mekanismenya tidak semudah yang kita bayangkan.
3.4.Bahaya yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Mengakses Dark Web
  a. Konten Ilegal
 Dark web adalah sarangnya konten-konten ilegal, mulai dari pornografi, prostitusi, narkoba,konten-konten sadis hingga jasa pembunuh bayaran. Bahkan tidak jarang ditemukan gambar, foto,ataupun video sadis dalam dark web. Karena itu jika kamu ingin mencoba memasuki dark web,pastikan kamu sudah siap mental. Karena melihat hal-hal yang mengerikan bukan hal yang tidakmustahil di dark web.
b. Sarang Virus
Jika kamu sering merasa jengkel dengan virus yang menginfeksi komputermu, maka kamuharus siap menghadapi resiko yang lebih besar di dark web. Banyak situs-situs dark web yang menjadi sarang virus. Tak sekedar virus yang hanya berbuat usil saja, di sini juga ada banyakspyware hingga virus berbahaya lain. Jika kamu tidak berhati-hati, bukan tidak mungkin komputermu terinfeksi virus, malware atau spyware berbahaya.Sebenarnya resiko virus ini tidak hanya mengancam data atau perangkat komputermu saja.Aktivitasmu juga bisa dimata-matai oleh sang penyebar Bahkan webcam dan microphone yang ada pada komputermu juga bisa disadap. Malware yang cukup berbahaya dan tersebar didark web ini beberapa di antaranya adalah Skynet, Vawtrack, dan Nionspy.
c. Tempatnya para Penjahat Berkeliaran
 Dark web bisa disebut sebagai dunia hitama internet. Dan sama halnya dengan dunia hitamdi dunia nyata, tak sedikit penjahat yang beroperasi di wilayah dark web. Jadi jika kamu tidakberhati-hati, bukan tidak mungkin kamu menjadi korban kejahatan. Tindak kejahatan yangdimaksud di sini memang tidak selalu sama seperti tindak kejahatan di dunia nyata. Akan tetapitetap saja, hal tersebut akan merugikan sang korbannya.
d. Diawasi oleh Penegak Hukum
 Bahaya dark web yang satu ini memang sedikit berbeda dengan risiko-risiko sebelumnya.Karena bahaya dark web ini baru muncul saat kamu melakukan hal yang tidak layak di
dark web,entah itu bertransaksi narkoba atau mengakses konten-konten ilegal lain. Itu karena beberapa situsdark web memang kerap dimonitor oleh penegak hukum.

     
BAB VI
PENUTUP

A.Kesimpulan sistem operasi
Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Microsoft Windows adalah serangkaian perangkat lunak sistem operasi freeware (close source: dengan listening program yang tertutup) dan antarmuka pengguna grafis yang diproduksi oleh Microsoft. Open source merupakan salah satu syarat free software. Free software pasti open source software, namun open source software belum tentu free software. Contoh free software adalah Linux. Contoh open source software adalah FreeBSD.

B.  kesimpulan Deeb Web
Deep web memeng sangat berbahaya bagi para pengguna di dunia internet biasa disebabkan karena adanya banyak hacker atau pihak-pihak yang biasa mendeteksi keberadaan kita dengan mudah ketika kita memasukkan deep web.
Deep web sebenarnya bukanlah suatu wadah informasi yang patut diakses.
Di dalam Deep web intinya memang sangat luas dan memuat banyak konten-konten yang berbahaya.











       DAFTAR PUSTAKA

a.Daftar pustaka sistem operasi
Fitri, Riri Sari & Darmaputra, Yansen. Sistem Operasi Modern. Depok. 2005.
Wahyudi , Resource Sharing. Yogyakarta. 2016
H, Jhony Sembiring . Jaringan Komputer berbasis Linux. Jakarta. 2002.

b.Daftar pustaka Deeb Web

Bergman, Michael K (August 2001). "The Deep Web: Surfacing Hidden Value". The Journal ofElectronic Publishing 7(1).doi:10.3998/3336451.0007.104

David Sancho. (5 May 2015). TrendLabs Security Intelligence Blog. “Steganography and Malware: Why and How.” Last accessed on 10 June 2015, http://blog.trendmicro.com/trendlabs-security-intelligence/steganography-and-malware-why-and-how/
.










No comments: