Friday 19 January 2018

Sistem operasi dan penfinstalan linux garuda

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Pembuatan makalah ini dilatarbelakangi oleh kekurang pengetahuan oleh penulis tentang " Sistem Operasi" . Dan dalam rangka menambah wawasan penulis mengenai judul pada makalah ini.
1.2 Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang maka timbullah rumusan masalah pada makalah berikut ini:
1.  Apa itu Sistem Operasi?
2. Apa saja contohnya? Dan bagaimana cara penginstalannya?
3. Sistem Operasi seperti apakah Linux?
4. Apa saja kekurangan dan kelebihannya?
5. Mengapa para hacker lebih memilih pemakaian Linux OS?
6. Bagaimana cara penginstalannya OS Linux?
1.3 Tujuan
Makalah ini dibuat dalam rangka menyelesaikan tugas mata kuliah "Pengantar Sistem Operasi" yang diberikan kepada penulis guna menambah pengetahuan mengenai judul makalah ini yaitu mengenai Sistem Operasi dan Linux

BAB 2

SISTEM OPERASI

2.1. Defenisi sistem operasi

Sistem operasi adalah sarana penghubung antara program aplikasi dengan perangkat keras pada sistem komputer. Sistem operasi menyembunyikan segala kerumitan yang terdapat pada perangklat keras dengan menyediakan fungsi-fungsi tingkat mesin untuk menghindari kerumitan pemrograman sehingga memudahkan merancang program aplikasi.

2.2.  Sejarah Sistem Operasi

Menurut Tanenbaum, sistem operasi mengalami perkembangan yang sangat pesat, yaitu dapat dibagi ke dalam empat generasi:

1. Generasi pertama (1945-1955)

Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik,hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi maka sistem komputer diberi intruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

2. Generasi kedua (1955-1965)
Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing system, yaitu job yang dikerjakan dalam satu rangkaian,lalu dieksekusi secara berurutan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada.

3. Generasi ketiga (1965-1980)

Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus.

4. Generasi ke empat (pasca 1980-an)
Sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan dengan Graphical User Interface(GUI).

2.3 Pengertian Sistem Operasi

Sistem operasi merupakan perangkat lunak yang sudah ditulis oleh pabrik yang berfungsi sebagai penghubung antara hardware dengan software.

Elemen-elemen sistem operasi:

Sistem operasi disusun dari beberapa elemen dan tiap-tiap elemn mempunyai tugas tertentu yang saling berkaitan. elemen-elemen dasar yang bernentuk sistem operasi di antara nya adalah :

1.  Boot loader
Boat loader adalah bagian sistem operasi yang melakukan booting, pengambilalihan tugas dari BIOS ke sistem operasi, selanjutnya boot leader juga tersimpan informasi-informasi yang dibutuhkan sistem operasi.

2. File System
File system bertugas melakukan manajemen terhadap file, menyediakan layanan-layanan yang berhubungan dengan penggunaan file bagi program aplikasi guna memenuhi kebutuhan manajemen data bagi pemakai.

3. Kernel
Kernel merupakan jantung dari sistem operasi. Semua proses input dan output yang berlangsung selama komputer berjalan diatur oleh kernel, seperti pembacaan dan penulisan terhadap disk, mananjemen  memory, dan penjadwalan program aplikasi.

4. Shell
Shell adalah sebuah program aplikasi yang menghubungkan pengguna komputer dengan kernel. Segala perintah yang diberikan oleh pengguna komputer akan melalui perantara shell, kemudian shell akan memberikan perintah tersebut kepada kernel untuk diproses.

Software dikategorikan atas:

1. Sistem operasi
Yaitu program yang ditulis untuk mengendaliakan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer.

2. Bahasa (languange software)
Yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan instruksi- instruksi yang ditulis dalam bahsa pemograman kedalam bahasa mesin supaya dapat dimengerti oleh komputer.

3. Aplikasi (application software)
Yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh bahasa untuk menyelesaikan suatu aplikasi tertentu.

2.4 Layanan Sistem Operasi

Pembuatan program sistem operasi membutuhkan penyediaan fasilitas dan layanan untuk membantu para pemogram untuk menulis program.

1. Eksekusi program

Instruksi – instruksi dan data – data harus dimuat kememori utama, perangkat – perangkat masukan / keluaran dan berkas harus di inisialisasi, serta sumber daya yang ada harus disiapkan, semua itu harus ditangani oleh sistem operasi.

2. Pengaksesan I/O device

Sistem operasi harus mengambil alih sejumlah intruksi yang rumit dan sinya kendali menjengkelkan agar pemprogram dapat berfikir sederhana.

3. Pengakseskan terkendali terhadap berkas

Disediakannya mekanisme proteksi terhadap berkas untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas.

4. Pengaksesan sistem

Menggunakan prinsip shared system( sistem digunakan bersamaan dalam satu waktu).

5. Deteksi dan pemberian tanggapan pada kesalahan

Jika muncul permasalahan pada sistem komputer maka sistem operasi harus memberikan tanggapan yang menjelaskan kesalahan yang terjadi.

6. Akunting

Sistem operasi yang bagus mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber daya dan memonitor para meter kinerja.

2.5 Jenis- jenis Sistem Operasi

Berikut jenis-jenis sistem operasi :

1. DOS ( Disk Operating sytem )
Merupakan salah satu shoftware yang termasuk dalam golongan system operasi yang dipakai pada media penyimpanan Disk maupun hardisk.
Beberapa produk DOS sampai saat ini
1. DOS 1.0
2. DOS 2.0
3. DOS 3.0
4. DOS 3.1
5. DOS 3.2
6. DOS 3.3
7. DOS 4.0
8. DOS 5.0
9. DOS 6.0

2. Windows
Sistem operasi windows dioerkenalkan petama kali pada 1985. Semula sistem operasi windows ini ini diperkenalkan dengan nama interface manager.

3. Macintohs
Dikembangkan oleh apple Inc menggunakan prosesor dari motorola.
Generasi pertama apple LISA merupakan komputer pertama yang menggunakan GUI ( Grafical User Interface )

4. OS /2
Bermula dari penggunaan DOS pada IBM komputer. Digunakan sebagai sistem operasi pada mesin komputer buatan IBM berjenis PC-AT IBM (1984) berbasis prosesor intel 80286.
Perkembangan OS 2
a. OS/2 1.00
b. OS/2 1.10
c. OS/2 1.10 E

5. UNIX
Merupakan nama sistem operasi yang diterapkan pada berbagai jenis mesin. Diperkenalkan pertama kali oleh AT&T Bell Labolatory untuk pemakaian komputer dalam bentuk jaringan khusus.

6. Palm OS
Dikenal sebagai garnet OS.Embedded OS  yang kembangkan oleh Palm Inc. Untuk sistem operasi perangkat PDA  pada 1996. Memiliki aplikasi standar disebut PIM.




BAB 3
LINUX
3.1. PENGERTIAN LINUX
Linux adalah salah satu sistem operasi alternatif pengganti windows yang sedang naik daun pada saat ini, pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds, salah satu mahasiswa dari Universitas Of Helsinki di Finlandia. Linus Toervalds mulai membuat linux pada tahun 1991 ketika ia meluncurkan versi 0.02 dan ada tahun 1994 muncullah linux Kernel versi 1.0.
Sistem operasi linux dikembangkan dibawah GNU General Public Licencse yang lebih sering dikenal dengan GNU GPL dan kode sumber ( Source code ) dari linux tersedia di internet yang dapat di download secara cuma-cuma.
Sistem operasi linux dapat di gunakan untuk berbagai maksud dan tujuan yang luas seperti networking, software development dan juga cenderung menjadi end User platform. Linux sering disebut sebagai sistem operasi yang excellent, low cost dari sistem operasi lain yang lebih mahal karena kita dapat menginstal linix pada banyak komputer sekaligus tampa dikenai biaya tambahan.
3.2. BEBERAPA ALASAN UNTUK MENGGUNAKAN LINUX
Tidak ada royaltiatau biaya alensi untuk  menggunakan Linux dan source code dari Linux dapat di modufikasi sesuai keperluan dan hasil nya dapat dijual untuk mendapatkan ke untungan. akan tetapi pengarang asli tetap menjadi pemegang copyright dan kita harus menyediakan sumber yang telah kita modifikasi.
Oleh karena Linux menyediakan soerce code dalam setiap distribusi yang ada, maka lebih memunkinkan untuk di-port ke sistem operasi lan. Linux dapat berjalan hampir di semua platform dari sistem operasi lainnya.
Beberapa tujuan industri software dan hardware adalah memaksa konsumen untuk membayar komputer dengan spesifikasi yang lebih tinggi, memori yang lebih banyak dan media penyimpan yang lebih besar.
Linux adalah sistem operasi yang benar-benar memiliki kemampuan multi-tasking yang sama dengan kakak nya, UNIX.
Keuntungan lain menggunakan linux adalah boleh dikatakan masih sangat sedikit ditemukan virus di Linux sampai saat ini baru ditemukan hanya 2 virus yang menyerang sistem LINUX.

3.3 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LINUX
Kelebihan Linux
1.    Linux merupakan sistem operasi bebas dan terbuka. Sehingga dapat dikatakan, tidak terdapat biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux.
2.    Linux mudah digunakan. Dulu, Linux dikatakan merupakan system operasi yang sulit dan hanya dikhususkan untuk para hacker. Namun, kini, pandangan ini salah besar. Linux mudah digunakan dan dapat dikatakan hampir semudah menggunakan Windows.
3.    Hampir semua aplikasi yang terdapat di Windows, telah terdapat alternatifnya di Linux. Kita dapat mengakses situs web Open Sourceas Alternative untuk memperoleh informasi yang cukup berguna dan cukup lengkap tentang alternatif aplikasi Windows di Linux.
4.    Keamanan yang lebih unggul daripada Windows. Dapat dikatakan, hampir semua pengguna Windows pasti pernah terkena virus, spyware, trojan, adware, dsb. Hal ini, hampir tidak terjadi pada Linux. Di mana, Linux sejak awal didesain multi-user, yang mana bila virus menjangkiti user tertentu, akan sangat sangat sangat sulit menjangkiti dan menyebar ke user yang lain.
5.    Linux relatif stabil. Komputer yang dijalankan di atas sistem operasi UNIX sangat dikenal stabil berjalan tanpa henti. Linux, yang merupakan varian dari UNIX, juga mewarisi kestabilan ini.
6.    Linux mempunyai kompatibilitas ke belakang yang lebih baik (better backward-compatibilty). Perangkat keras (hardware) yang telah berusia lama, masih sangat berguna dan dapat dijalankan dengan baik di atas Linux.
Kekurangan Linux
1.    Banyak pengguna yang belum terbiasa dengan Linux dan masih ‘Windows minded’. Hal ini dapat diatasi dengan pelatihan-pelatihan atau edukasi kepada pengguna agar mulai terbiasa dengan Linux.
2.    Dukungan perangkat keras dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada Linux. Untuk mencari daftar perangkat keras yang didukung pada Linux, kita dapat melihatnya di Linux-Drivers.org atau LinuxHardware.org.
3.    Proses instalasi software / aplikasi yang tidak semudah di Windows. Instalasi software di Linux, akan menjadi lebih mudah bila terkoneksi ke internet atau bila mempunyai CD / DVD repository-nya. Bila tidak, maka kita harus men-download satu per satu package yang dibutuhkan beserta dependencies-nya.
4.    Bagi administrator sistem yang belum terbiasa dengan Unix-like (seperti Linux), maka mau tidak mau harus mempelajari hal ini. Sehingga syarat untuk menjadi administrator adalah manusia yang suka belajar hal-hal baru dan terus-menerus belajar.

3.4 CONTOH LINUX
1. RedHat Linux
RedHat Linux tergolong distro paling tua di indonesia, termasuk didunia linux sendiri. RedHat termasuk distro utama yang paling banyak menurunkan distro lain, minsalnya Madrake Linux.
Tingkat kompatibilitas RedHat juga tergolong sangat baik. Sebagian besar aplikasi yang dikembangkan linux mengakui kompatibel linux ini.
2. Cadera Open Linux
Caldera di anggap umurnya lebih tua dibanding RadHat hanya saja popularitasnya masih ketinggalan dibanding RadHat. Caldera menggunakan kernel linux terbaru yang dianggap paling satabil: kernel 2.4.2 .
3. Mandrake Linux
Mandrake Linux tergolong distro muda yang cepat sekali menanjak popularitas nya. Salah satu faktor pendukungnya adalah disertakan berbagai macam aplikasi yang berorientsi pada pengguna dekstop: Game, apliksi office, utilitas yang user friendly, plus installer yang ditanggap akan beragam perangkat keras terbaru.
4. Garuda OS
Garuda OS adalah sistem operasi yang bersifat terbuka yang user friendly sehingga user yang biasa menggunakan windows pun akan mudah dalam menggunakannya. Garuda OS sendiri dirilis pada tahun 2011 dengan rincian  1.1 : keluaran tahun 2011.
1. Ubuntu
2. Debian Linux
3. Slackware Linux
4. OpenSUSE Linux
5. Corel Linux
6. Turbo Linux
7. Fedora
8. BackTrack
9. ClearOS
10. Gentoo Linux
11. CentOS, dan masih banyak yang lainnya


3.4. CONTOH INSTALASI LINUX GARUDA
  Garuda OS adalah Distro Linux berbasis PCLinuxOS Fullmonty Edition buatan pengembang Indonesia yang mendukung penggunaan dokumen format SNI (Standar Nasional Indonesia), aman dari gangguan virus komputer, stabilitasnya tinggi, disertai dukungan bahasa Indonesia dan dilengkapi dengan program-program dari berbagai macam kategori. Bisa diperoleh secara bebas tanpa harus mengeluarkan biaya untuk pembelian lisensi.
Cara instalasi OS LINUX garuda melalui usb Flashdisk
Berikut ini tutorialnya :
1.Buka software unetbootin, seperti pada gambar dibawah ini.

2.Berikut ini adalah tampilan interface unetboootin, lalu pilih diskimage memilih file iso dan kalau anda ingin mendownload gile isonya anda bisa memilih distriburion.

3.pilih iso garuda yang akan di ekstrak ke usb flashdisk

4.klik ok untuk memulai proses pengekstakan file iso garuda.

5.disini adalah proses pengekstrakan file iso garuda dan biasanya akan memakan waktu kurang lebih 15 menit tergantung spesifikasi komputer agan.

6.lalu klik reboot now dan setting bios anda,  pilih pertama pada flashdisk anda

Cara Instal Garuda OS
Garuda OS merupakan OS berbasis linux yang dimodifikasi sedemikian rupa oleh para ahli IT indonesia. Kita patut bangga akan hadirnya OS bercitarasa lokal ini, walaupun asalnya tetap dari linux OS.
Kali ini saya akan memberi tahu cara instal Garuda OS. Beginilah langkah-langkahnya dengan menggunakan Virtual Box .
1. Jalankan virtual box, pilih mesin baru.

2. Pilih OS dan type beri nama, next.

3. Atur besar base memory sesuai keinginan, disarankan jangan lebih dari 256MB, next.

4. Buat sebuah virtual harddisk, pilih sesuai dengan gambar dibawah, next.

 5. Buat sebuah virtual disk kreasi baru, pilih sesuai dngan gambar dibawah, next.

6. Buat sebuah virtual disk storage details, pilih sesuai dngan gambar dibawah, next.

7. Klik next terus sampai risalah, create.

8. Ketika proses selesai, akan muncul notifikasi dan virtual box telah berhasil dibuat.

 9. Sekarang kita mulai dan pilih media instalasi.

10. Pilih isonya, next dan mulai.

11. Pilih live CD, Garuda OS akan mulai booting dari CD.

 12. Pilih US keyboard, next.

 13. Setelah itu akan dibawa ke desktop garuda OS. Jika ditanya login, pilih saja root. Username: root, password: root.

14.  Garuda OS sudah siap booting.

15. Garuda OS sudah siap digunakan.
      Ini adalah Tampilan dari Garuda OS:


BAB 4
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
Berdasarkan penjelasan mengenai Sistem Operasi dan Linux pada materi diatas, dapat kita ambil kesimpualn bahwa Sistem operasi adalah sarana penghubung antara program aplikasi dengan perangkat keras pada sistem komputer. Sedangkan linux merupakan salah satu dari Sistem Operasi yang dikembangkan dibawah GNU General Public Licencse .
3.2 SARAN
Jadi saran dari kami, gunakanlah Sistem Operasi yang menurut kita lebih mudah untuk digunakan karena sistem operasi sangat berperan dalam membantu kita dalam melakukan apapun yang kita lakukan dengan komputer. Kembali lagi kepada peran sistem operasi yang ibaratnya sebagai penerjemah bahasa komputer( hardware) kepada manusia( brainware).

DAFTAR PUSTAKA

1. Stallings, William. 2003. Operasi Internal dan Prinsip-prinsip Perancangan. Jakarta: PT INDEKS kelompok Gramedia.
2. Prayitno, Warso. 2002. Be Linuxer WIth Mandrake. Yogyakarta: ANDI OFFSET.
3. Lin, Han. 2001. Tip & Trik Mengkonfigurasi dan Mengoptimalkan LINUX Redhat server. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
4. Utdirartatmo, Firrar. 2003. Trik Menjalankan Banyak Sistem Operasi Dalam Satu PC. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
5. Mustaqhim, Imam. 2002. Tip & Trik Administrasi Linux. Jakarta: PT Alex Media Komputindo.
6. Haryanto, Bambang. 2002. Sistem Operasi. Bandung: INFORMATIKA Bandung.
7. http://www.mandalamaya.com/pengertian-linux-kelebihan-linux-dan-contoh-linux/
8. http://kelompok6assalaam.blogspot.co.id/






No comments: