Friday 19 January 2018

Makalah sistem operasi dan cara penginstalan linux redhad

MAKALAH  SISTEM OPERASI DAN CARA 
 PENGINSTALAN LINUX REDHAT

              
DISUSUN 
NAMA ANGGOTA  KELOMPOK  : 
KELOMPOK 7
      1.M. ROFID FIRDAUS                  171100056
      2. GENTA ZULFA                          171100076
      3.DICKI ANDRI                              171100085
      4. ADIBYA FIRDAUS                     171100087
      5.JUAN PARLI                               171100089
          6.MIFTAHUL RISKI                     171100072  

DOSEN PEMBIMBING 
KEU KEU ROHENDI, M.KOM
STMIK INDONESIA PADANG 
SEKOLAH TINGGI MAANJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER
YAYASAN AMAL BAKTI MUKMIN PADANG 
2017



KATA  PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karuniaNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas Bahasa Indonesia yang berjudul “SISTEM OPERASI DAN CARA PENGINSTALAN LINUX REDHAT”. Hasil yang ditulis dalam rangka untuk menyelesaikan tugas Pengantar Sistem Operasi di STMIK Indonesia Padang.
Selama penyusunan makalah ini banyak kendala yang dihadapi namun berkat bimbingan serta bantuan dari berbagai pihak semua kendala tersebut dapat teratasi. Pada kesempatan ini dengan ketulusan hati penulis, penulis ingin menyampaikan rasa terimah kasih sebanyak-banyak kepada yang terhormat.
Penulis masih banyak merasa kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai, Amiin. 

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR…………………………………………………………………ii
DAFTAR ISI…………………………………………………………………………..iii
BAB 1 PENDAHULUAN …………………………………………………………....4
1.1 Latar Belakang ……………………………………………………………………4
1.2 Tujuan Penulisan ………………………………………………………………….4
BAB II SISTEM OPERASI…………………………………………………………...5
2.1. Pengertian Sistem Operasi………………………………………………………..6
2.2 Tujuan system operasi computer.....................................................................7
2.3 Generasi Sistem Operasi…………………………………………………………..7
2.4 Layanan Dalam Sistem Operasi…………………………………………………...7
2.5 Beberapa Jenis Sistem Operasi……………………………………………………8
BAB III LINUX………………………………………………………………………8
3.1 Pengertian linux…………………………………………………………………..9
3.2 Perbedaan mendasar linux……………………………………………………….9
3.3 perbedaan linux dengan Sistem Operasi lainnya…………………………………10
3.4 Kelebihan dan Kekurangan Linux……………………………………………….11
4.1 Tentang linux Redhat ……………………………………………………………11
4.2 Cara Penginstalan Linux redhat………………………………………………….12
4.3 daftar pustaka…………………………………………………………………….22


BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang.
ter dibagi kedalam 4 generasi yaitu :
Sistem operasi generasi pertama (Tahun 1945 - 1955).
Sistem operasi generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik. Pada generasi ini belum ada yang namanya sistem operasi komputer, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.
Sistem operasi generasi ke-dua (Tahun 1955 - 1965).Sistem operasi generasi ke-dua memperkenalkan BPS (batch processing sistem) yaitu pekerjaan yang di kerjakan dalam satu rangkaian, lalu di eksekusi secara berururan. Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi dengan sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada. 
Sistem operasi generasi ke-tiga (Tahun 1965 - 1960).
Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus, dimana user atau penguna dapat berkomunikasi lewat terminal secara online ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi user (Digunakan oleh banyak penguna sekaligus). Dan multi programing (Melayani banyak programsekaligus).
Sistem operasi generasi ke-empat (Tahun 1980an--pasca 1980an).
Dewasa ini sistem operasi digunakan untuk jaringan komputer, dimana user menyadari keberadaan komputer - komputer yang saling terhubung satu dengan yang lain.
Nah itulah tadi sejarah sistem operasi berdasarkan generasinya. Berikutnya Kita lanjut kepada jenis - jenis sistem operasi pada komputer.
 2.4 LAYANAN SISTEM OPERASI
Sebelum kita membahas tentang layanan-layanan yang diberikan sistem operasi kita harus mengetahui fungsi sistem operasi. Sistem operasi di sini berfungsi sebagai mediator. Dari fungsi nya saja kita sudah mengetahui bahwa sebegai tempat media, penyedia. Mediator di sini maksudnya adalah untuk mempermuda bagi pemrogram dan program aplikasi dalam menggunakan dan mengakses layanan yang diberikan oleh sistem operasi tersebut.  Layanan yang seperti apa yang diberikan. Mari kita bahas satu persatu.
Layanan dalam Sistem Operasi
1. Pembuatan program
Dalam pembuatan program, programmer pasti membutuhkan yang namanya debugger ketika program itu terjadi bug. Sistem operasi mempermudah dan membantu dalam mengakses proses debugger dan editor tersebut yang sudah berada di dalam program yang berbentuk utilitas.
2. Eksekusi program
Sistem operasi menangai semua task untuk kepentingan pengguna. Task diantaranya berupa instruksi data harus di muatkan ke dalam memori, perangkat I/O harus di inisialisasi termasuk juga file harus diinisialisasi, dan sumber daya lain harus di sipakan.
3. Pengaksesan perangkat I/O
Perangkat di dalam I/O terdapat instruksinya sendiri atau signal control untuk operasi. Layanan yang diberika oleh sistem operasi yaitu menjaga detailnya sehingga pemrogram dapat menganggapnya sebgai operasi pembacaan dan penulisan yang sederhana.
4. Pengaksesan terkendali terhadap berkas
Sebelumnya telah dikatakan bahwa perangkat menjaga detailnya. Pengakasesan terkendali di sini maksudnya adalah format file yang terdapat di dalam media penyimpanan. lebih lanjut lagi sistem operasi emnyediakan mekanisme proteksi untuk mengontrol akses ke file.
5.  Deteksi dan memberi tanggapan terhadap kesalahan
Terjadi error atau pun kesalahan dalam komputer bekerja merupakan hal yang sering terjadi. misalnya memori error, overflow aritmetik, kesalahan perangkat. dll. Semua kesalahan yang terjadi itu sistem operasi harus membuat respons yang dapat menghilangkan eroor tersebut dengan dampak sedikit terhadap aplikasi yang berjalan.
6. Akunting (Pencatatan)
Dari layanan yang diberikan sudah terlihat bahwa akunting yang berarti mencatat. Sistem operasi mencatat semua  statistik pemakain bermacam-macam sumber daya dan memonitor parameter kinerja seperti waktu respons.

2.5 BEBERAPA JENIS SISTEM OPERASI
1. Microsoft DOS (Disk Operating System) adalah salah satu sistem operasi yang banyak digunakan oleh komputer IMB-PC maupun oleh komputer yang kampatibel dengan OS Microsoft DOS. Mic DOS dilauching pertama kali di tahun 1981. OS ini dibuat oleh tim petterson dari perusahaan Seatle Computer Products(SCT) sebelum dikembangkan oleh Microsoft.
2. Windows adalah salah satu OS yang paling banyak digunakan saat ini. Pada tahun 1990 Windows dikeluarkan pertama kali  oleh Perusahaan Microsoft Corporation yang dinamai dengan windows 3.0 yang berbasis GUI. Ada banyak sekali versi yang dikeluarkan oleh windows tapi yang paling banyak digunakan belakangan ini yaitu versi: windows 7, windows 8, dan versi terbarunya yaitu windows 10. Windows sendiri menawarkan kemudahan cara pengoperasiannya bagi para User.
3. Macintosh (Mac OS) adalah Operating system yang diciptakan khusus untuk komputer macintosh serta OS ini tidak kompatibel dengan Personal Computer yang berbasi IMB. MAC OS pertamakali dikenalkan secara public pada tahun 1984, Os ini dibuat oleh Apple Computer
4. Linux merupakan salah satu OS yang bertipe Unix modular. Linux diperkirakan dikembangkan sekitar tahu 1970-an hingga 1980-an. Linux menggunakan kernel Monolitik. Perbedaan OS linux dari disistem operasi yang lain yaitu OS ini memiliki kernel dan komponen-komponen yang terbuka.
Kelebihan Linux

Aman terhadap serangan virus.
Mempunyai sistem keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan windows.
Dukungan dari komunitas yang sangat banyak.
Linux bisa berinterksi dengan sistem operasi yang lain.
Adanya virtual memory (SWAP) yang akan membuat sistem operasi linux ini dapat menjalankan program yang besar dalam waktu yang bersamaan.
Linux lebih stabil dibandingkan dengan windows.

Kekurangan Linux

Aplikasi pendukung yang masih sedikit.
Dari segi tampilan, sistem operasi linux ini dirasa kurang menarik.
Linux sulit untuk dipelajari, Karena jika ingin mengambangkannya setidaknya kita harus bisa memahami script.
Dukungan hardware yang tidak terlalu banyak. 

5. Unix merupakan OS yang banyak digunakan di komputer supercomputer dan mainframe, atau lebih tepatnya di perusahaan besar yang menggunakan supercomputer untuk menglola data yang sangat besar.
                                



                                  BAB III LINUX
3.1 PENGERTIAN LINUX
Linux adalah perangkat lunak atau software sistem operasi yang sifatnya open source dan gratis untuk di dapatkan maupun di sebarluaskan dengan lisensi GNU. OS Linux merupakan turunan dari unix dan dapat digunakan pada bermacam-macam komputer. Dengan Linux maka pengguna dapat memperoleh softawer yang lengkap dengan source code-nya. Bahkan pengguna dapat mengubah atau memodifikasi source code-nya, dan semua itu legal tentunya di bawah lisensi GNU.
Pada os Linux ini kebebasan dan gratis lah yang paling utama, sehinggga pengguna mendapatkan source code-nya dan tentunya hal ini sangat menguntungkan bagi para programer maupun para administrator. Sedangkan nama Linux diambil dari nama yang membuatnya ialah Linus Torvalds, Linux diperkenalkan pada tahun 1991. Saat ini OS Linux sudah banyak digunakan di Indonesia karena memiliki banyak keunggulan terutama untuk sistem operasi server karena sifatnya yang gratis dan sangat handal. Linux sendiri saat ini terus berkembang, beberapa sistem operasi linux yang populer misalnya seperti Ubuntu, Fedora, Debian, dan sebagainya.
3.2 Beberapa Contoh Linux
Adapun beberapa contoh sistem operasi Linux, misalnya seperti:
a. Linux Red Hat
Merupakan salah satu sistem operasi linux yang sangat populer sekali, memiliki tampilan grafis dimulai saat melakukan instalasi, sehingga tergolong cukup mudah digunakan.
d. Linux Debian
Merupakan sistem operasi linux yang sangat cocok di gunakan untuk komputer server, ada sejak tahun 1999 dan terus di kembangkan. Banyak sekali yang menggunakan debian sebagai sistem operasi untuk server karena cukup handal.  Debian kurang cocok jika di gunakan untuk komputer personal, karena di buat untuk server.
c. Linux Ubuntu
Merupakan OS Linux yang distribusinya berbasis kepada Debian. Ubuntu bisa digunakan untuk komputer server, dan dapat digunakan juga untuk komputer pribadi atau personal. Ubuntu merupakan salah satu OS Linux yang paling banyak di gunakan untuk komputer personal.
f. Linux Mint
Merupakan sistem operasi linux yang berbasis pada Debian dan juga Ubuntu. Sebenarnya Linux Mint merupakan perkembangan dari Linux Debian. OS ini dikembangkan untuk tujuan komputer persoal, Linux Mint sendiri ada 2 (dua) macam yaitu Cinnamon dan Mate. Sehingga pada Linux Mint dapat mengoperasikan aplikasi yang dapat di gunakan pada Ubuntu.
3.3 ekurangan dan Kelebihan Linux
Beberapa kekurangan Linux, misalnya seperti:
Masih ada pengguna/user yang belum terbiasa menggunakan OS Linux. Pada umumnya bukan karena tidak mengerti cara menggunakannya tapi masih belum terbiasa, karena banyak user yang sebelumnya sudah terbiasa menggunakan OS Windows.
Masih banyak hardware dari vendor-vendor tertentu yang kurang bershabat atau belum mendukung OS Linux.
Instalasi software belum semudah installasi pada OS Windows.
Bagi administrator sistem yang masih belum terbiasa menggunakan linux maka akan mengalami kendala, oleh karena itu diharuskan mempelajarinya.
     Sedangkan beberapa keunggulan/kelebihan Linux, misalnya seperti:
OS Linux sifatnya open source dan gratis untuk didapatkan sehingga tidak memerlukan lisensi khusus. Pasti jika menggunakannya legal dan juga bisa di modifikasi.
Cukup aman, karena linux memiliki sifat yang multiuser. Misalnya jika ada user yang terkena virus, maka sulit menyebar ke user lainnya.
Saat ini sudah banyak software atau aplikasi yang dapat digunakan pada OS Windows sudah dapat di gunakan pada Linux.
Memiliki tampilan GUI yang bagus, dan memiliki banyak sekali variasi.
Pada OS khusus untuk Server, Linux tergolong handal dan tentunya gratis didapatkan. Sehingga banyak sekali yang menggunakan Linux sebagi OS Server karena berbagai macam kelebihan yang dimilikinya.
Membutuhkan sedikit ruang penyimpanan untuk menginstallnya pada komputer.
Linux bisa dikembangkan oleh siapa saja, sehingga memiliki komunitas yang banyak.
Jarang sekali mengalami crash, dapat dikatakan stabil.

4.1 LINUX REDHAT
Pengertian Linux Red Hat.~ Red Hat Linux(RHL), buatan perusahaan Red Hat, Inc., adalah sistem operasi Linux yang populer sampai produksinya dihentikan pada tahun 2004.
Red Hat Linux 1.0 ini dirilis pada 3 November 1994. Awalnya disebut "Red Hat Commercial Linux" merupakan distro linux pertama yang menggunakan sistem RPM Package Manager, yang kemudian diikuti beberapa distro lain, seperti Mandriva Linux dan SUSE Linux.
Sejak 2003, Red Hat telah menghentikan produksi Red Hat Linux namun mengeluarkan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) untuk lingkungan perusahaan (tidak gratis), serta Fedora (yang dikembangkan oleh masyarakat dengan dukungan Fedora Project dan disponsori oleh Red Hat) sebagai versi gratis bagi lingkungan rumahan. Red Hat Linux 9, rilis terakhir, secara resmi diakhiri pada 30 April 2004, meskipun dukungan masih diberikan oleh proyek Fedora Legacy sampai awal 2007.

Kelebihan
1. Dapat mengubah alamat IP menjadi domain pada web.
2. Domain juga digunakan sebagai virtual host dalam dunia maya.
3. Domain Lebih mudah di ingat dibandingkan dengan no IP Address.


Kekurangan :
1. Membutuhkan waktu untuk mengkonfigurasinya.
2. Jika kita koneksi terputus domain tidak dapat di akses lagi.









4.2Persiapan Instalasi
Beberapa hal yang patut anda catat sebelum memulai instalasi adalah :
1. siapkan PC yang memungkinkan untuk menginstal linux

2. siapkan CD instalasi Linux yang akan anda instal
Memulai Instalasi
1. Setting BIOS pada komputer, agar booting pertama dari CD-Drive.
2. Masukkan Disk ke 1 dari 3 CD Red Hat ke dalam CD-Drive. Tunggu beberapa saat hingga tampil pilihan untuk memulai instalatasi Red Hat tersebut | tekan tombol Enter.
3. Tunggu beberapa saat akan muncul pilihan bahasa selama proses instalasi seperti gambar berikut :
4. Klik tombol Next. Kemudian akan tampil jendela pilihan untuk keyboard.
5. Klik tombol Next. Kemudian akan tampil jendela pilihan untuk mouse, klik sesuai dengan mouse yang digunakan.
6. Klik tombol Next. Kemudian akan tampil jendela pilihan untuk upgrade atau install
7. Pilih Perform a New Red Hat Linux Installation, Kemudian klik tombol Next.
8. Tentukan pilihan untuk instalasi yang diinginkan, klik Next


1 Personal Desktop Aplikasi offices dan Multimedia 1.8 GB
2 Workstation Komputer kerja untuk jaringan dan developer/ programmer. 2.1 GB
3 Server Komputer sebagai server dengan aplikasinya 1.5 GB – 4.85 GB
4 Custom Menentukan sendiri paket sesuai kebutuhan 500 MB – 4.85 GB
9. Pilih bentuk partisi yang diinginkan : Automatically Partition atau Manually Partition with Disk Druid
*) Membuat tiga partisi, masing-masing untuk windows, linux dan data. Sehingga jika anda ingin menghapus/ uninstal Linux atau Windows, data-data penting anda tidak turut hilang.
*) Didalam sebuah Harddisk terdapat konsep partisi yang terdiri dari Partisi Primary, Partisi Extended dan Partisi Logical. Didalam partisi primary terdapat Master Boot Record (MBR) untuk melakukan proses boot loader dari suatu sistem operasi.
10. Pilih Manually Partition with Disk Druid untuk membuat partisi Linux, dan secara default, Anda cukup untuk membuat partisi :
1 . /boot ———-> EXT3 / Linux Native ——-> 100 MB
2 . / ————–>EXT3 / Linux Native ——–>4000 MB
3 . swap ———–>Swap ————->2 x jumlah memori yang terpasang pada komputer
Pilih tombol NEW pada kotak dialog Partitioning. Lalu isikan di kolom Mount Point “ / ”. Untuk file system, pilih Linux Native. Isikan kolom size sisa dari hardisk anda yang masih kosong. Lalu pilih OK kemudian pilih Next.
11. Setelah selesai pembuatan partisi maka akan ditampilkan konfigurasi untuk boot loader Lalu pilih Next, sehingga muncul tampilan sebagai berikut :
12. Jika anda berencana menghubungkan komputer ke jaringan, isikan data yang diminta. Jika tidak biarkan kosong. Pilih Next.
13. Kemudian muncul kotak konfigurasi firewall. Biarkan kosong jika anda tidak menghubungkan komputer dengan jaringan.
14. Pilih Next , muncul tampilan berikut yang meminta anda mengisikan jenis bahasa yang akan digunakan oleh RedHat nantinya.

Sell Links On Your Site

15. Pilih Next untuk melanjutkan. Sehingga tampil setting waktu.
16. Pilih Next untuk melanjutkan. Masukkan Password untuk root, yang merupakan super user. Klik tombol Next dan tombol Next kembali.


17. Tentukan paket-paket apa saja yang akan di Install. Ada beberapa group paket diantaranya seperti Desktop, Application, Server. Kemudian klik Next


18. Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi paket yang telah dipilih selesai semuanya.


19. Kemudian akan tampil kotak dialog untuk membuat boot system untuk disket, masukkan disket pada drive A, kemudian klik tombol Next.


20. Setelah selesai pembuatan disket boot, kemudian akan tampil kotak dialog untuk menentukan jenis Berikutnya installer akan meminta anda memilih konfigurasi Video Card. Umumnya, installer mengenali jenis video card yang ada. Dan juga anda diminta memilih jumlah RAM video card tersebut. Seperti terlihat pada gambar berikut :


21. Klik Next untuk menentukan jenis monitor yang digunakan dan resolusi yang diinginkan.
22. Setelah anda memasukan dengan benar, maka selesai sudah instalasi Linux RedHat 9.0.

 4.3 DAFTAR PUSTAKA 
 B Hariyanto, 1997,Sistem operasi, Informatika, Bandung.
  Pengantar Sistem Operasi Komputer (2008)1 st ed: Masyarakat Digital Gotong Royong                   Jakarta (MDGR)




No comments: